Sona Sonia - 2018 - Skripsi Agribisnis Unpad - Analisis faktor-faktor produksi usahatani kedelai di Desa Sukahurip, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut

Skripsi Agribisnis Unpad
Skripsi Agribisnis Unpad

Judul
Analisis faktor-faktor produksi usahatani kedelai di Desa Sukahurip, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut

Tahun
2018

Jurusan
Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Padjadjaran

Penulis
Sona Sonia

Pendahuluan
Kedelai merupakan salah satu komoditas tanaman pangan yang memiliki peranan penting terhadap kontribusi perekonomian dan ketahanan pangan Indonesia. Salah satu produsen kedelai di Jawa Barat adalah Kabupaten Garut. Kabupaten Garut mengalami penurunan produksi dan produktivitas kedelai yang signifikan. 

Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas kedelai di Desa Sukahurip, Kabupaten Garut. 

Desain Penelitian
Desain penelitian yang digunakan adalah desain kuantitatif dengan teknik penelitian survey.

Sampel
Pengambilan sampel menggunakan metode metode acak sederhana dan memperoleh sampel 35 dari 170 petani. 

Analisis Data
Rancangan analisis data menggunakan fungsi produksi Cobb-Douglas dan pengujian asumsi klasik menggunakan uji determinasi (R2), uji simultan (F) dan uji parsial (t).

Hasil Penelitian
Hasil penelitian menunjukkan penggunaan faktor produksi yang sudah sesuai dengan dosis anjuran adalah benih dan insektisida (abacel), penggunaan faktor produksi yang melebihi dosis anjuran adalah pupuk TSP, sedangkan penggunaan faktor produksi dibawah dosis anjuran adalah pupuk ZA dan fungisida (dithane). Hasil penelitian uji R2 menunjukkan pengaruh dari tujuh variabel yaitu lahan, benih, tenaga kerja, pupuk Za, pupuk TSP, insektisida (abacel), dan fungisida (dithane) terhadap produktivitas kedelai sebesar 0,814 atau 81,4%. Hasil uji F menunjukkan bahwa ketujuh variabel secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap produktivitas kedelai. Hasil uji t menunjukkan faktor yang berpengaruh nyata terhadap produktivitas kedelai adalah benih, pupuk ZA, pupuk TSP, dan fungisida (dithane). 

Ketersediaan
Skripsi ini tersedia di perpustakaan Fakultas Pertanian Unpad dengan kode skripsi Skr 630.Son.a

0 Response to "Sona Sonia - 2018 - Skripsi Agribisnis Unpad - Analisis faktor-faktor produksi usahatani kedelai di Desa Sukahurip, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel