Mengetahui Istilah-istilah Pada Google Adsens



Google Adsense adalah program periklanan milik dan dikelola langsung oleh perusahaan raksasa Google. Banyak para blogger dan website dunia yang menggunakan layanan ini untuk mendapatkan uang. Cara kerjanya pun terbilang cukup mudah pengguna hanya perlu mendaftarkan blog miliknya, dan saat pendaftaran tersebut disetujui Google, maka pemilik blog bisa langsung menggunakan program ini.
Untuk memperoleh penghasilan, Google sendiri menyarankan pemilik blog untuk menampilkan iklan dari Adsense. Iklan-iklan tersebut bisa menyerupai video, text, gambar, atau text beserta gambar. Anda cukup menempelkan kode iklan yang diberikan Google dengan benar pada struktur blog, maka otomatis iklan akan tampil di blog anda.
Iklan-iklan itu kemudian akan menjadi uang apabila ada orang yang mengklik iklan di website anda. Metode dalam penghasilan uang yang diterapkan Adsense dihitung berdasar jumlah per klik iklan atau per seribu impresi (tayangan). Google akan membayar penggunanya melalui kantor pos atau via bank transfer setiap satu bulan sekali dengan catatan saldo pada Adsense minimal berjumlah US$ 100.

Istilah-Istilah Google Adsense

Google Adsense memiliki berbagai macam istilah yang hingga sekarang masih banyak blogger belum mengerti sepenuhnya. Oleh sebab itu, berikut ini akan diulas beberapa istilah yang terdapat dalam Google Adsense.

  1. Publisher
Publisher atau biasa disebut dengan penayang iklan adalah orang atau pemilik website yang sudah terdaftar dengan program ini. Dan mereka yang berhak menayangkan iklan pada website miliknya disebut sebagai publisher Google Adsense.
Sebelum menjadi publisher, pemilik website harus mendaftar terlebih dulu ke Google Adsense dan barulah bisa menayangkan iklan di situs dan mendapat penghasilan. Persyaratan mendaftar program ini cukup sulit, karena hal itu tidak sedikit para blogger justru memilih membeli akun Google Adsense ketimbang mendaftar.
Adapun setiap pengguna Google Adsense hanya diperbolehkan memiliki satu akun untuk satu email. Namun pihak Google sendiri tidak melarang apabila publisher ingin menayangkan iklan di berbagai website miliknya, dalam artian lebih dari satu blog boleh saja asalkan tidak melanggarkan aturan yang sudah ditetapkan oleh pihak Google.

  1. Visitor dan Unique Visitor (Organik)
Visitor secara sederhana artinya adalah pengunjung blog, sedangkan unique visitor adalah pengunjung blog murni yang berasal dari mesin pencari seperti Google, Yandex, Bing maupun mesin pencari lainnya. Adapun visitor atau pengunjung ini dapat menemukan website berdasarkan kata kunci yang ditulis pada mesin pencari.

  1. Ad Units
Ad Units adalah iklan Adsense itu sendiri seperti banner yang tampil pada blog. Sedangkan, Ad Units terdiri dari beberapa jenis dan ukuran. Dan paling umum adalah jenis iklan teks, gambar, dan video. Kemudian apabila ada pengunjung yang mengklik unit iklan pada blog bersangkutan, maka pemilik blog akan mendapatkan penghasilan sesuai dengan jumlah dan besarnya nilai CPC.

  1. Average Time On Site
Average time on site merupakan jumlah rata-rata waktu yang dihabiskan pengunjung saat berada di blog anda. Semakin tinggi angka yang ditampilkan oleh average time on site, maka semakin tinggi pula durasi waktu singgahnya. Durasi yang panjang biasanya dikarenakan pengunjung membaca banyak informasi yang terdapat di blog anda.

  1. Link Units
Link Units sebenarnya tidak berbeda jauh dibanding Ad Units, perbedaannya hanya jika Link Units di klik maka pengunjung otomatis akan diarahkan ke halaman hasil pencarian Google. Publisher hanya akan mendapatkan penghasilan apabila pengunjung mengklik salah satu Ad Unit yang ada di halaman tersebut. Meskipun cara kerjanya seperti itu, namun Link Units dinilai lebih banyak menghasilkan pemasukan ketimbang Ad Units biasa.

  1. Review Kedua
Review kedua biasanya adalah istilah yang paling sering ditanyakan oleh blogger pada saat sedang mendaftar Google Adsense. Review kedua sendiri merupakan tahap penilaian kedua yang dilakukan oleh Google Adsense, dan lama durasi review ini berkisar antara 3-7 hari. Di beberapa kasus pun banyak yang berbulan-bulan baru mendapat kabar dari Google diterima atau tidaknya. Banyak blogger yang gagal di tahap ini karena dibuat bingung oleh ketentuan berlaku yang ditetapkan Google.

  1. Adsense for Content
Adsense for content adalah jenis iklan yang dipasang pada sebuah halaman. Jika iklan tersebut di klik, maka pengunjung akan diarahkan ke laman yang ada pada website itu sendiri.

  1. Page View (PV)
Selanjutnya merupakan istilah umum yang sering di dengar dalam dunia blog, yaitu page view artinya adalah halaman website atau blog yang dibuka oleh pengunjung. Satu pengunjung berarti satu page view. Namun jika pengunjung tersebut membuka 10 halaman saat kunjungannya maka page view-nya juga jadi 10. Semakin banyak pengunjung membuka halaman blog atau website, maka semakin banyak pula jumlah page view blog bersangkutan.

  1. Alternate Ads
Alternate Ads adalah iklan alternatif yang biasanya dipasang jika Ads Units tidak dapat ditampilkan, biasanya karena iklan kosong atau tidak tersedia. Jadi, jika Ad Units yang dibuat telah diatur dengan menggunakan Alternate Ads, maka iklan Ad Units tidak ditampilkan, yang tampil justru iklan alternatif seperti yang sudah diatur sebelumnya.

  1. CTR (Click through rate)
CTR adalah perbandingan antara banyak jumlah klik iklan dengan total tayangan laman suatu website. Umumnya, CTR dikenal juga dengan istilah RKT (Rasio Klik per Tayang) dan biasanya RKT ini digunakan untuk mengukur banyaknya jenis iklan PPC (Pay Per Click).

  1. Channels
Channels sendiri merupakan label yang bisa anda berikan pada suatu Ad Units, Link Units, Adsense for Share, dan Referrals. Nantinya pada halaman Google Adsense, hasil laporan akan dikelompokkan berdasarkan Channels sehingga penggunaan Channels sendiri tentu akan memudahkan publisher untuk menganalisa performa iklan Adsene mereka.

  1. CPC (Cost per Click)
Sementara yang satu ini adalah perhitungan pendapatan dari setiap klik iklan yang dilakukan oleh pengunjung pada suatu web. Istilah lain dari CPC yakni BPK (Biaya per Klik). CPC memiliki angka yang berbeda-beda untuk setiap iklan yang tampil. Semakin tinggi nilai CPC, maka semakin banyak pendapatan yang akan diterima publisher.

  1. Page Impression
Page Impressions adalah halaman yang menunjukan berapa kali jumlah halaman yang mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung. Dan angka beserta nilainya tidak terpengaruh oleh banyaknya Ad Units yang ada pada halaman blog bersangkutan.

  1. RPM (Revenue Per Thousand Impression)
RPM atau umum disebut PPS adalah kanal yang menunjukkan pendapatan per seribu tayang dari penghasilan tertaksir. Secara sederhana, PPS ini akan menunjukkan pendapatan yang akan diterima publisher setiap 1000 kali tayang. Ada rumus yang bisa digunakan untuk menghitung jumlah RPM, antara lain:
  • RPM = (Penghasilan tertaksir/ Jumlah tampilan halaman) x 1000 (per seribu impresi), maka:
Misalnya penghasilan adsense tertaksir US$ 1 dari 100 halaman.
RPM = (US$1 : 100 ) x 1000 = US$ 10

  1. Clicks
Clicks merupakan jumlah klik yang terjadi pada iklan milik publisher. Adapun dalam halaman laporan Adsense, publisher dapat melihat total klik yang ia torehkan.

  1. Bounce Rate
Bounce rate adalah presentase antara tingkat kunjungan blog dan page view dalam jangka waktu tertentu. Perhitungannya adalah semakin tinggi persentase bounce rate, maka artinya semakin tidak bagus untuk perkembangan blog maupun Adsense.

  1. Akun Adsense Dibanned
Istilah ini pun rasanya tidak jarang kita dengar dalam dunia blog terlebih khusus di kalangan para publisher Adsense. Akun Adsense dibanned sendiri mengartikan bahwa akun telah dinonaktifkan. Jadi jika akun dibanned, maka publisher bersangkutan tidak dapat lagi menampilkan iklan dan mendapatkan penghasilan dari program periklanan ini. Biasanya akun Adsense dibanned dikarenakan oleh berbagai hal seperti ketahuan bertindak curang atau tidak mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan oleh pihak Google.Filter Tayangan yang Tidak Terlihat

Filter penayangan yang tidak terlihat adalah fitur AdWords yang memungkinkan pengiklan mencegah iklan muncul pada unit iklan di Jaringan Display Google yang tidak terlihat atau diklik oleh pengguna, walau banyak kesempatan. Ini mencakup unit iklan pada situs web penayang AdSense.

Maksud dari filter tayangan tidak terlihat adalah untuk membuat iklan pada Jaringan Display Google lebih menarik pengiklan yang berfokus merek, yang ingin iklannya dilihat oleh sebanyak mungkin pengguna di seluruh jaringan Google Adsense. Dengan menarik lebih banyak pengiklan baru dan meningkatkan pengeluaran pengiklan saat ini akan meningkatkan pendapatan penayang.

Untuk memaksimalkan pendapatan AdSense Anda, Google Adsense menyarankan kita untuk menempatkan iklan di area yang memiliki visibilitas tinggi. Pelajari selengkapnya tentang menemukan lokasi optimal untuk iklan Anda untuk memastikan bahwa iklan terlihat oleh pengguna.

Format Iklan

Ukuran iklan yang ditampilkan pada situs, misalnya pilar 120×600 piksel. Semua format dapat dilihat di halaman Format Iklan Google Adsense.

Format iklan yang berbeda dapat mendukung jenis iklan yang berbeda, misalnya iklan teks, gambar, atau video. Jumlah iklan individu yang ditampilkan tiap-tiap format iklan juga berbeda. Misalnya, format iklan spanduk akan menampilkan maksimal 2 iklan pada halaman secara horizontal, dan format pilar akan menampilkan maksimal 4 iklan secara vertikal.

Iklan Bergambar

Mencakup semua jenis iklan berbasis gambar, seperti spanduk, multimedia, dan iklan video. Agar iklan bergambar muncul pada halaman, Anda harus memilih untuk ikut menampilkan iklan bergambar pada ruang iklan.

Iklan Cadangan

Iklan cadangan adalah warna, gambar, atau URL yang dapat ditetapkan untuk muncul bila Google tidak memiliki iklan bertarget.

Iklan Gambar

Iklan gambar adalah iklan grafis yang ditawarkan dalam beberapa format iklan. Contoh iklan gambar tersedia di halaman Format Iklan.

Iklan Gambar Dinamis

Iklan gambar animasi adalah gambar grafis yang dinamis, yang dapat muncul di unit iklan jika Anda telah mengaktifkan iklan gambar.

Iklan HTML

Iklan HTML adalah situs mini yang diubahsuaikan dan interaktif yang dapat ditampilkan sebagai iklan Google pada situs menggunakan AdSense untuk konten. Iklan HTML adalah salah satu jenis iklan multimedia.

Iklan Multimedia
Grup jenis iklan interaktif yang mencakup iklan HTML, Flash, dan video. Anda dapat memilih apakah akan menampilkan iklan multimedia saat membuat atau mengedit unit iklan dan juga menetapkan preferensi jenis iklan bawaan untuk akun Anda.

Iklan Yang Bersaing
Di AdSense, iklan bertarget kontekstual atau iklan berbasis teks dianggap sebagai iklan yang bersaing. Kebijakan program AdSense mengizinkan iklan yang bersaing untuk ditempatkan di halaman yang sama dengan iklan Google, tetapi Google Adsense meminta penayang untuk memastikan bahwa iklan yang bersaing dan iklan Google dapat dibedakan dengan mudah. Anda dapat menggunakan gaya iklan yang berbeda untuk membantu membedakan iklan.

Jenis Iklan

Google menawarkan beberapa opsi berbeda untuk variasi iklan yang mungkin ditampilkan pada halaman dan dalam laporan. Berikut ini yang mungkin Anda lihat :
Teks
Gambar
Multimedia
Flash
Video
Iklan gambar animasi
Audio
Unit tautan

Anda dapat memilih jenis iklan yang ingin ditampilkan saat membuat atau mengedit unit iklan dan juga menetapkan preferensi jenis iklan bawaan untuk akun Anda.

Jenis Penargetan

Cara yang digunakan pengiklan untuk menargetkan iklan ke situs web Anda. AdSense menawarkan jenis penargetan berikut:
Penargetan kontekstual, berdasarkan kata kunci.
Penargetan penempatan, berdasarkan URL situs Anda.
Periklanan menurut minat, menargetkan pengguna tertentu pada situs berdasarkan ID kuki mereka.

AdSense for Content

AdSense for Content adalah iklan AdSense yang ditempatkan di dalam suatu halaman. Iklan yang muncul nantinya adalah iklan-iklan yang berkaitan dengan isi halaman tersebut.

Jenis Penawaran

Jenis penawaran merupakan cara pengiklan mengajukan tawaran pada lelang ruang iklan Anda: biaya per klik (BPK) atau biaya per seribu tayangan (BPS).

Kode Iklan

HTML yang ditempatkan pada semua halaman pada situs yang disetujui penayang yang memiliki situs, agar iklan dapat ditampilkan pada halaman tersebut dalam format letak iklan tertentu.

Penempatan Iklan

Penempatan iklan adalah sekumpulan unit iklan tertentu tempat pengiklan dapat memilih untuk menempatkan iklan mereka menggunakan penargetan penempatan. Penempatan iklan dapat berukuran seluas seluruh situs web atau sekhusus satu unit iklan.

Kueri

Dalam laporan Anda, Google Adsense menghitung kueri setiap kali permintaan dibuat pada sistem untuk menampilkan unit iklan. Google Adsense akan menghitung kueri setiap kali unit iklan dalam situs Anda meminta iklan, terlepas apakah iklan yang ditargetkan tampil atau tidak.

Laporan Tersimpan

Laporan tersimpan adalah laporan dengan setelan khusus yang telah Anda ubahsuaikan dan disimpan untuk penggunaan di masa mendatang. Rentang tanggal dan setelan yang Anda gunakan untuk membuat laporan dapat ditetapkan sebagai laporan tersimpan untuk akses cepat nanti.

Penangguh Bayar

Penangguh bayar adalah setelan yang memungkinkan Anda mencegah sementara pengiriman pembayaran kepada Anda. Ketika Anda menetapkan penangguh bayar, iklan Anda akan tetap ditampilkan dan penghasilan Anda akan terus berjalan seperti biasa. Anda dapat menghapus penangguh bayar pada pembayaran Anda setiap saat untuk menerima pembayaran kembali.

Pendapatan Per Seribu Tayangan (RPM)

Pendapatan per 1.000 tayangan (RPM) menunjukkan penghasilan tertaksir yang akan Anda dapatkan untuk setiap 1.000 tayangan yang Anda terima.

RPM tidak menunjukkan penghasilan Anda sebenarnya; namun, jumlah itu dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah tampilan halaman, atau kueri yang Anda terima, kemudian dikalikan 1.000.

Rumus :
RPM = (Penghasilan tertaksir/Jumlah tampilan halaman) * 1.000

Misalnya:
Jika penghasilan tertaksir Anda sebesar $0,15 dari 25 tayangan halaman, maka BPSe halaman Anda sama dengan ($0,15/25) * 1.000, atau $6,00.
Jika penghasilan tertaksir Anda sebesar $180 dari 45.000 tayangan iklan, maka BPSe iklan Anda sama dengan ($180/45.000) * 1.000, atau $4,00.

RPM merupakan nilai yang umum digunakan dalam program periklanan, dan ini mungkin berguna bagi Anda untuk membandingkan pendapatan di berbagai kanal berbeda.

Penghasilan Tertaksir
Saldo akun Anda untuk jangka waktu yang Anda pilih. Jumlah ini merupakan taksiran yang dapat berubah bila penghasilan Anda diverifikasi untuk akurasi pada akhir setiap bulannya.

Permintaan Iklan

Permintaan iklan dihitung bila situs Anda meminta iklan untuk ditampilkan. Permintaan iklan adalah jumlah unit iklan yang meminta iklan (untuk iklan konten) atau kueri penelusuran (untuk iklan penelusuran). Google Adsense melaporkan permintaan iklan setiap kali permintaan dikirim, meskipun tidak ada iklan yang dikembalikan dan sebagai gantinyaiklan cadangan ditampilkan.

Rasio Klik-Tayang (RKT)

Rasio klik-tayang (RKT) adalah jumlah klik iklan dibagi dengan jumlah tayangan, tampilan halaman, atau kueri yang Anda terima.

RKT = Klik / # dari tayangan, tampilan, atau kueri

Misalnya, jika Anda menerima 7 klik dari 1.000 tampilan halaman, RKT halaman Anda akan menjadi 0,7%.

Ad CTR / RKT Iklan
Untuk iklan standar, RKT iklan Anda adalah jumlah klik iklan dibagi dengan jumlah tayangan iklan individual.

RKT Iklan = Klik / Tayangan iklan

Sebagai contoh, jika iklan Anda menerima 5 klik dari 1.000 tayangan iklan, besar RKT iklan Anda adalah 0,5%.

Untuk unit tautan, RKT iklan adalah jumlah klik iklan dibagi dengan jumlah tayangan halaman tempat iklan muncul saat unit tautan diklik.

RKT Kueri

Rasio klik-tayang kueri (RKT) adalah jumlah klik iklan yang dibagi dengan jumlah kueri yang dilaporkan.

RKT Kueri = Klik / Kueri

Sebagai contoh, jika Anda menerima 7 klik dari 1000 kueri, RKT Kueri sebesar 0.7%.

RKT Halaman
Rasio klik-tayang (RKT) halaman adalah jumlah klik iklan dibagi jumlah tampilan halaman.

RKT halaman = Klik / Tampilan halaman

Misalnya, jika Anda menerima 2 klik untuk 250 tampilan halaman, RKT unit iklan Anda adalah 0,8%. (2/250=.8%)

RKT Permintaan Iklan
Rasio klik-tayang (RKT) permintaan iklan adalah jumlah klik iklan dibagi dengan jumlahpermintaan iklan.

RKT permintaan iklan = Klik / Permintaan iklan

Sebagai contoh, jika Anda menerima 7 klik dari 1.000 permintaan iklan, RKT permintaan iklan Anda akan menjadi sebesar 0,7%. (7 / 1.000 = 0,7%)

RPM Kueri

Pendapatan Kueri per seribu tayangan (RPM) dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah kueri yang dilaporkan, lalu dikalikan 1000.

RPM Kueri = (Penghasilan tertaksir / Jumlah kueri) * 1000

Sebagai contoh, jika Anda menghasilkan kueri tertaksir $60 dari 15.000 kueri, RPM kueri Anda akan setara dengan ($60 / 15.000) * 1000, atau $4 00.

RPM Halaman
Pendapatan halaman per seribu tayangan (RPM) dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah permintaan iklan yang dibuat, lalu dikalikan 1.000.

RPM halaman = (Penghasilan tertaksir / Jumlah tampilan halaman) * 1.000

Jika penghasilan tertaksir Anda sebesar $0,15 dari 25 tampilan halaman, maka BPSe hahalaman Anda sama dengan ($0,15/25) * 1.000, atau $6,00.

RPM Permintaan Iklan

Pendapatan permintaan iklan per seribu tayangan (RPM) dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah permintaan iklan yang dibuat, lalu dikalikan 1.000.

RPM permintaan iklan = (Penghasilan tertaksir / Jumlah permintaan iklan) * 1.000

Sebagai contoh, jika Anda memperoleh taksiran $60 dari 15.000 permintaan iklan, RPM permintaan iklan Anda akan setara dengan ($60 / 15.000) * 1.000, atau $4,00.

Tampilan Halaman
Tampilan halaman adalah yang dihitung oleh Google dalam laporan Anda setiap kali pengguna melihat halaman yang menampilkan iklan Google. Google Adsense akan menghitung tampilan halaman, terlepas dari jumlah iklan yang ditayangkan di halaman tersebut.

Misalnya, jika Anda memiliki halaman yang menampilkan tiga unit iklan dan dilihat dua kali, Anda akan menghasilkan dua tampilan halaman.

Tayangan
Umumnya, tayangan berarti pengguna melihat tampilan item tertentu di situs Anda, baik saat pengguna melihat halaman, unit iklan, atau iklan individual. Di AdSense, Anda akan melihat laporan untuk tampilan halaman, tayangan unit iklan, dan tayangan iklan.

Ad impression / Tayangan iklan

Tayangan iklan dilaporkan setiap kali iklan individual ditampilkan di situs web Anda. Format iklan yang berbeda akan menampilkan berbagai jumlah iklan; misalnya, setiap kali spanduk vertikal muncul di situs Anda, Anda akan melihat dua tayangan iklan dalam laporan Anda. Selain itu, harap perhatikan bahwa jumlah iklan dalam unit iklan apa pun dapat bervariasi bergantung pada apakah unit iklan menampilkan iklan teks standar

Ukuran Iklan Dinamis

Dalam laporan ukuran iklan Anda, istilah dinamis merujuk kepada unit produk yang dapat berubah ukuran bergantung pada implementasi produk. AdSense untuk unit iklan umpan, AdSense untuk mesin penelusuran, dan AdSense untuk mesin penelusuran seluler dapat bervariasi ukurannya, dan mungkin terlihat sebagai dinamis dalam laporan Anda.

Unit Iklan

Serangkaian iklan yang ditampilkan karena satu bagian kode iklan AdSense. Anda dapat membuat dan mengubahsuaikan unit iklan di akun AdSense. Anda dapat memberi nama unit iklan dan mengelola setelannya di akun. 

0 Response to "Mengetahui Istilah-istilah Pada Google Adsens"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel